Siantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas

Leaflet MIKT 2023-2024 Universitas Sumatera Utara

Program Magister (S2) – Ilmu Kedokteran Tropis

Di Indonesia terdapat isu-isu strategi khusus dalam pengendalian penyakit menular seperti tuberkulosis, HIV/AIDS, dan malaria; pengendalian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) khususnya difteri, pertusis; dan pengendalian penyakit yang menyebabkan kedarutan kesehatan masyarakat seperti pandemi.

Lulusan Ilmu Kedokteran Tropis memiliki pengetahuan dan kompetensi dalam bidang penyakit tropis dan infeksi, dapat menerapkan program dan melakukan penelitian yang mencakup ilmu pengetahuan dan teknoogi kedokteran yang berkaitan dengan penyakit tropis infeksi.

Selain itu, lulusan Ilmu Kedokteran Tropis juga memiliki peran besar dalam surveilance dan infection control dari berbagai penyakit daerah tropis, terutama pada situasi pandemi

Sistem Pendidikan

Program Magister Ilmu Kedokteran Tropis, Sekola Pascasarjana USU berlangsung selama 4 (empat) semester dengan beban kredit 38 SKS termasuk di dalamnya kegiatan perkuliahan, praktek laboratorium, magang di rumah sakit di Kota Medan, Kerja Lapangan, dan Tesis. Berbagai Kegiatan pendidikan dalam program ini memakai metode belajar yang mengacu peserta program untuk aktif dan diarahkan kepada Evidence Based Medicine.

Tujuan Program

  • Memiliki kompetensi akademis dalam hal penelitian dan pengembangan ilmu kedokteran tropis yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
  • Berhasil menciptakan inovasi dan riset terapan di bidang kedokteran tropis yang dipublikasikan secara ilmiah di jurnal terakreditasi, baik tingkat nasional maupun internasional.
  • Melaksanakan pegambdian masyarakat dalam bidang pengendalian penyakit tropis.
  • Mampu menjalin hubungan relasi dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri.

 

JADWAL PENDAFTARAN DAN INFORMASI BEASISWA dapat dilihat pada leaflet berikut ini :
leaflet MIKT 2023-2024


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

click to chat